Header Ads

ad

Transkripsi

    
Transkripsi
Transkripsi merupakan pembentukan/sintesis mRNA dari salah satu rantai DNA, sehingga terjadi proses pemindahan informasi genetik dari DNA ke RNA. Fungsi ini disebut fungsi heterokatalis DNA karena DNA mampu mensintesis senyawa lain yaitu RNA.
Sebuah rantai DNA digunakan untuk mencetak rantai tunggal mRNA dengan bantuan enzim RNA polimerase. Enzim tersebut menempel pada kodon permulaan, umumnya adalah kodon untuk asam amino metionin. Pertama-tama, ikatan hidrogen di bagian DNA yang disalin terbuka. Akibatnya, dua utas DNA berpisah.

 Salah satu polinukleotida berfungsi sebagai pencetak atau sense, yang lain sebagai gen atau antisense
Misalnya pencetak memiliki urutan basa G-C-T-A-C-T-A-T-G-G-T-T--G-A-T dan yang berfungsi sebagai gen memiliki urutan basa komplemen C-G-A-T-G-A-T-A-C-C-A-A-C-T-A. Karena pencetaknya G-C-T-A-C-T-A-T-G-G-T-T--G-A-T, maka mRNA hasil cetakannya C-G-A-U-G-A-U-A-C-C-A-A-C-U-A. Jadi, mRNA C-G-A-U-G-A-U-A-C-C-A-A-C-U-A merupakan hasil kopian dari DNA C-G-A-T-G-A-T-A-C-C-A-A-C-T-A(antisense , setiap T diganti U), dan merupakan komplemen dari pencetak.
Transkripsi DNA akan menghasilkan mRNA (messenger RNA). Pada organisme eukariot, mRNA yang dihasilkan itu tidak langsung dapat berfungsi dalam sintesis polipeptida, sebab masih mengandung segmen-segmen yang tidak berfungsi yang disebut intron. Sedangkan segmen-segmen yang berfungsi untuk sintesis protein disebut ekson. Di dalam nukleus terjadi pematangan/pemasakan mRNA yaitu dengan jalan melepaskan segmen-segmen intron dan merangkaikan segmen-segmen ekson. Gabungan segmen-segmen ekson membentuk satu rantai/utas mRNA yang mengandung sejumlah kodon untuk penyusunan polipeptida. Rantai mRNA ini dikenal sebagai sistron.
Gb. Proses pematangan mRNA dengan membuang bagian  intron
Proses transkripsi ini terjadi di dalam inti sel (nukleus). DNA tetap berada di dalam nukleus, sedangkan hasil transkripsinya dikeluarkan dari nukleus menuju sitoplasma dan melekat pada ribosom. Ini dimaksudkan agar gen asli tetap terlindung, sementara hasil kopinya ditugaskan untuk melaksanakan pesan-pesan yang dikandungnya. Jika RNA rusak, akan segera diganti dengan hasil kopian yang baru
1.   Inisiasi (permulaan)
Daerah DNA di mana RNA polimerase melekat dan mengawali transkripsi disebut sebagai promoter. Suatu promoter menentukan di mana transkripsi dimulai, juga menentukan yang mana dari kedua untai heliks DNA yang digunakan sebagai cetakan.
2.   Elongasi (pemanjangan)
Saat mRNA bergerak di sepanjang DNA, mRNA membuka untaian heliks ganda DNA dengan bantuan enzim RNApolimerase, sehingga terbentuklah molekul RNA yang akan lepas dari cetakan DNA-nya.
3.  Terminasi (pengakhiran)
Transkripsi berlangsung sampai RNA polimerase mentranskripsi urutan DNA yang disebut terminator. Terminator yang ditranskripsi merupakan suatu urutan mRNA yang berfungsi sebagai kodon terminasi (kode stop kodon) yang sesungguhnya. Pada sel prokariotik, transkripsi biasanya berhenti tepat pada akhir kodon terminasi, yaitu ketika polimerase mencapai titik terminasi sambil melepas mRNA dan DNA. Sebaliknya, pada sel eukariotik polimerase terus melewati sinyal terminasi, suatu urutan AAUAAA di dalam mRNA. Pada titik yang jauh kira-kira 10 hingga 35 nukleotida, mRNA ini dipotong hingga terlepas dari enzim tersebut.

Tidak ada komentar