BIOSMAN8PKU BIOSMAN8PKU Author
Title: HORMON MELATONIN
Author: BIOSMAN8PKU
Rating 5 of 5 Des:
Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai anti oksidan dan mengontrol tidur. Hormon melatonin di sebut juga hormon awet muda...

Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai anti oksidan dan mengontrol tidur. Hormon melatonin di sebut juga hormon awet muda karena fungsinya sebagai anti oksidan dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Hormon melatonin diproduksi secara alami di kelenjar pineal yang terletak di dalam otak. Hormon melatonin merupakan hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina dari senyawa asam amino triptofan.

Fungsi Hormon Melatonin

Berikut ini adalah beberapa fungsi hormon melanin untuk kesehatan antara lain yaitu;
  1. Melatonin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini, menjaga fungsi  jantung, anti kanker, mencegah gangguan endokrin, serta pemeliharaan fungsi seksual.
  2. Melatonin berperan terhadap pengaturan jam tidur. Biasanya semakin mudah usia. waktu tidurnya akan semakin banyak. Dan orang yang bertambah usianya akan semakin sedikit tidurnya, karena hormon melatonin ini di prosuksi tubuh secara alamiah dan akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. 
  3. Melatonin bermanfaat  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu mengontrol mood dan menghilangkan ketegangan.
  4. Melatonin dapat menghambat peningkatan kolesterol dan menjaga regulasi tekanan darah sehingga dapat mencegah pembentukan endapan / plak yang dapat menyumbat dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan stroke.
  5. Melatonin berperan penting dalam menjaga kesehatan seksual dan meningkatkan efek endorphin yang dihasilkan oleh tubuh dalam mengatasi stress dan rasa sakit, serta turut memicu produksi hormon-hormon prolaktin atau oksitosin dalam produsi ASI, dan sebagainya.



    Kelebihan hormon melatonin dapat menyebabkan lesu, gangguan hati, gangguan mata, kelelahan, disorientasi, pikiran dan perilaku psikotik, kebingungan, mengantuk, gangguan berbicara, gemetar, sakit kepala dan pusing.Sedangkan defisiensi atau kekurangan hormon melatonin akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia, tidur tidak nyenyak, pembesaran prostat, depresi, kelelahan, siklus haid tidak teratur, gelisah, sindrom premenstruasi (PMS), katarak, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung (aritmia).
     
SUMBER; http://kamusq.blogspot.com/2013/06/fungsi-hormon-melatonin.html
                       http://amalulasudira.blogspot.com/2012/05/10-hormon-penting-tubuh-manusia.html

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top